Cinta itu ada yang membahagiakan ada yang tidak, setiap Manusia itu punya Cinta, Becouse itu adalah Anugrah dari Tuhan, Namun Cinta itu ada yang membuat sengsara, ada yang membuat bahagia, bagi yang patah hati pasti membuat sengsara dongg hahahaha, tapi bagi yang berhasil cintanya pasti dia bahagia sekali.
Cinta itu bisa membuat seseorang Bunuh Diri, apabila ia terlalu cinta, ia tidak ada jalan keluar, ex orang tuanya tidak setuju kalau dia pacaran. Cinta itu beragam- ragam, Cinta pada orang tua, I LOVE YOU MAM AND AYAH, Cinta itu ada untuk pacarnya So sweeet.
Cinta yang sebenarnya itu hanya kepada Tuhan,..huuummm, pandai-pandailah kamu dalam Mengartii Cinta, jangan sampai kamu dibuatnya sengsara.
Cinta dalam pacaran, jika kamu tidak dicintai seseorang janganlah kamu pernah mencintai orang tersebut, tapi jika kamu di Cintai seseorang, walaupun kamu tidak mencintainya, berusahalah kamu untuk mencintainya.
Intinya Cintailah Orang yang Mencintaimu Jangan Pernah kamu Mencintai Orang yang Tidak Mencintaimu, Karena Tuhan juga akan Lebih Mencintai orang yang Mencintainya daripada orang yang tidak Mencintainya,,inggaaaat yaaaa, dan Cintailah Orang Tua karena Dia juga sudah menaruh Cintanya padaMu yang begitu besar yang tidak dapat ternilai,,,
Senin, 20 Mei 2013
MOTIVASI DIRI SENDIRI ~ _ ~
Jika Tuhan Menciptakan Hutan, Saya Membuat Taman
Jika Tuhan Menciptakan Sungai, Saya Membuat Irigasi
Jika Tuhan Menciptakan Gunung, Saya Membuat Gedung
Jika Tuhan Menciptakan Hujan, Saya Menciptakan Air Mancur
Jika Tuhan Menciptakan Bumi, Saya Membuat Pemukiman
Jika Tuhan Menciptakan Dunia, Saya Membuat Kota
Jika Tuhan Menciptakan Otak, Saya Membuat Komputer
SEMANGATTTTT, JANGAN PERNAH KATAKAN MENYERAH, RAIH IMPIANMU,,~ _~
Jika Tuhan Menciptakan Sungai, Saya Membuat Irigasi
Jika Tuhan Menciptakan Gunung, Saya Membuat Gedung
Jika Tuhan Menciptakan Hujan, Saya Menciptakan Air Mancur
Jika Tuhan Menciptakan Bumi, Saya Membuat Pemukiman
Jika Tuhan Menciptakan Dunia, Saya Membuat Kota
Jika Tuhan Menciptakan Otak, Saya Membuat Komputer
SEMANGATTTTT, JANGAN PERNAH KATAKAN MENYERAH, RAIH IMPIANMU,,~ _~
ANGGAPLAH PEKERJAAN SEBAGAI BAKTIMU
Anggaplah Pekerjaan itu Sebagai CintaMu
Bila Engkau Bekerja dengan Cinta
Itu Berarti Engkau Menenun Sutra dari HatiMu
Seakan KekasihMu Sendiri yang Mengenakanya
Itu Berarti Engkau Menabur dalam Kelembutan, Memetik dengan Suka Cita
Kerja adalah Cinta yang Nyata, Kasih yang Tampak
Jika Engkau Tidak Bisa Bekerja dengan Cinta, Tetapi dengan Keengganan
Maka Lebih Baiklah Kamu Meninggalkan Ruang Kerjamu
Dan Lebih Baik Duduk di Jalanan Sambil Mengemis Sedekah
Sebab, Jika Engkau Bekerja dengan Bersunggut-sunggut
Sebenarnya Engkau Telah Membuat Roti Busuk yang Membuat Sakit Perut
Dan Jika Engkau Bernyanyi Seindah Lagu Bidadari
Tetapi Engkau Berdendang Tanpa Cinta
Maka TembangMu Hanya Membuat Bising Telinga Orang
Kamis, 16 Mei 2013
PENCIPTAAN MANUSIA
Manusia diciptakan pertama kalinya dari tanah, yaitu pada saat penciptaan nabi Adam as. dan tanahnya berasal dari beragam tanah di dinunia ini, kemudian manusia itu diciptakan dari setetes air mani yang kemudian menggumpal menjadi darah, darah ini akan berubah menjadi daging, dengan proses-proses yang bertahap yang mana asalnya adalah dari saripati tanah.
Air mani ini yang kemudian menjadi daging berada dalam suatu Rahim yang kokoh yang tidak mungkin lepas, sampai manusia itu dilahirkan kedunia ini. saat dalam kandungan maka Allah swt akan meniupkan ruh kepadanya, dan dalam kandungan juga Allah bertanya seperti apa taqdirnya di Dunia, didalam kandungan kita akan menjawab semua pertanyaan itu. Ttetapi pada hakekatnya manusia itu tidak mau dilahirkan keDunia ini, maka dia menangis saat dilahirkan. dalam kandungan dia tidak pernah berhenti bertanya kepada Tuhanya, pertannya antara lain : bayi : jika aku lahir keDunia siapa yang akan mengajari aku?, Tuhan menjawab Malaikatmu. Bayi: jika aku lahir ke Dunia siapa yang menjagaku? Tuhan menjawab Malaikatmu. Bayi : jika aku lahir kedunia maka kita tidak bisa bertemu lagi. Tuhan menjawab kita pasti bertemu tapi ada saatnya. Bayi : jika aku lahir kedunia siapa yang akan melindungiku,orang-orangkan jahat didunia, Tuhan menjawab malaikatmu.bayi terus-terus bertanya.
Inilah keadaan seorang bayi dalam kandungan seorang ibu, dan yang dimaksud malaikat itu adalah seorang ibu dan ayah juga, jadi ibu akan berkorban apa saja demi anaknya karena dia adalah malaikat kita di dunia ini, I LOVE YOU MAM!!!!!!!!!!I LOVE YOU AYAH!!!! aku merindukan kalian.
Allah telah menciptakan manusia ini begitu sempurna dari makhluk-mahluk lain, Allah telah menciptakan tubuhnya dengan kesempurnaan, mata untuk melihat,tangan untuk berbuat,kaki untuk melangkan dan anggota tubuh yang lain. coba bayangkan kalau tidak ada salah satu dari anggota tunuh kita misalnya tangan kita tidak ada kita tidak bisa berjalan, mata tidak ada kita tidak bisa melihat, dan Allah memberikan pendidikan kepada seluruh anggota tubuh kita misalnya jika tidak ada kesinambungan antara tangan dengan kaki maka kita tidak bisa berjalan, yang biasanya kalau kita melangkah kaki kanan didepan kaki kiri dibelakang dan tangan juga begitu.coba kalau tidak begitu maka kita tidak bisa berjalan, kaki kita dua-duanya didepan ,tangan kita dua-duanya didepan,coba bayangkan kalau kita seperti itu,maka akan terasa kaku. dan misalnya lagi pada tubuh kita pertumbuhan rambut jika semua rambut yang tumbuh dibadanmu sama ke pertubuhan rambutmu maka kita akan terlihat aneh. itulah bukti pendidikan yang Allah berikan kepada manusia sebagai kodratnya sebagai manusia. tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui hal itu.
Kita bisa mlihat contohnya dalam kehidupan kita sehari- hari, apalagi zaman sekarag ini zaman modren, telah banyak kita lihat manusia yang sudah merobah kodratnya misalnya operasi pelastik pada wajah dll. Jadi yang kita miliki semua ini adalah milik Allah swt yang telah diberikanya kepada kita terutama anggota tubuh kita, termasuk ruh kita, ada saatnya nanti ruh kita akan dicabut kita akan mati dan seluruh tubuh kita ini akan kembali ke asal kodratnya yaitu sebagai tanah. jadi tidak ada yang abadi di dunia ini. misalnya saja harta kita yang hidup di dunia ini, itu adalah titipan Allah swt yang diberikannya kepada kita, itu akan kembali kepadanya. baik itu dunia dan segala isinya termasuk kita,makhluk lain, tumbuhan, hewan dll akan kembali kepadanya, jadi Tidak ada yang abadi Dunia ini.
KUNCI KERJA KERAS MENUJU KESUKSESAN
Siapa pun BISA Selamat Sentosa dari Laut yang Tenang, Tetapi Pemenang Sejati Hanyalah yang Bisa Bertahan Walaupun Badai Menerjang.
Masa Lalu adalah kesia-siaan, dan tak Mungkin di Ulang Kembali, Sedangkan Masa yang Akan Datang tak mungkin diTentang, Jadi Ambillah Pelajaran Dari Masa Lalu dan Hadapilah Masa Depan Dengan Penuh Semangat
Mengeluh Tidak Membuka Jalan Untuk Keluar dari Masalah
Semua Kesuksesan Datang dari Memulai Keberanian, Maka Jangan Tunda-Tunda sampai Esok Mungkin Sudah Terlambat.
Orang Tidak Akan Mengingat Beberapa Kali Anda Jatuh, Tapi Akan Mengingat Berapa Kali Anda Bangkit Kembali
Siapa yang Memulai dari Dasar Adalah Seorang Pemenang, Namun yang Berusaha dengan Tekun sampai Akhir adalah Pemenang yang Paripurna
Setiap Kali Pintu Tertutup dan Percayalah Pintu Lain akan Terbuka, Sedang Terbuka dan Sudah Terbuka, Maka Jangan Pernah Tawar Hati, Cari dan Ketuklah Pintu itu
Salah satu Kenikmatan Terbesar dalam Hidup ini adalah Mewujudkan apa yang Dikatakan Orang Mustahil Terwujud
Kegagalan Bukanlah Lonceng Sudah Waktunya Menyerah, Tapi Peringatan bahwa Sudah Waktunya Maju dan Bangkit
Camkanlah Tidak ada Kesuksesan yang Berharga tanpa Kerja Keras, Keringat dan Air Mata
Kerja Keras adalah Satu Langkah Menuju Impian
Jangan Kecil Hati karena Palang Halangan Bahkan Batu Penghalang pun Bisa Menjadi Batu Loncatan
Kita tidak Akan Pernah Mendapat Sesuatu yang BesaR Kecuali Mencobanya dengan Krja Keras Penuh Semangat
Janganlah Pernah Tangisi Kegagalan, Mulailah sekali Lahi, dan Cobalah Kembali, lagi, dan Lagi
KEGAGALAN BUKANLAH HASIL DARI SEGALANYA,COBA TERUS DENGAN KERJA KERAS SAMPAI MENUJU KESUKSESAN
Selasa, 14 Mei 2013
Sejarah Pendidikan Islam
BAB II
RAGAM ASPEK KEHIDUPAN
IAIN,ORIENTALISME,
dan ISLAM LIBERAL
Di IAIN Sumatera Utara, digelar
sebuah seminar yang mengambil tajuk besar 30 tahun Orientalisme dan Islam
Liberal di IAIN. Orientalisme memang sudah sejak lama menjadi bahan
kontraversi, lalu dipersegar lagi oleh kasus pemuatan Kartun Nabi Muhammad
saw.oleh koran Denmark The Jyllands-Posten pada september 2005. Seminar ini
mengatakan bahwa Orientalisme dan Islam Liberal sudah tiga dekade bersarang di
IAIN padahal mayoritas IAIN masih berusia tiga puluh tahunan.
Orientalisme di IAIN, sebagaimana
buku Orientalisme karya ilmuan Palestina, Edward W.Said mendefenisikan
Orientalisme sebagai sebuah aliran pemikiran yang didasarkan atas pembedaan
ontologis dan epistomologis antara timur dan barat. Kegiatan dan hasil karya
Orientalisme disebar luaskan ke segenap penjuru Dunia tak terkecuali Indonesia
dan tersebar luas di berbagai perpustakaan perguruan tinggi termasuk
perpustakaan IAIN. Dan IAIN lebih banyak dipersepsi sebagai lembaga Dakwah
ketimbang sebagai lembagai akademis, dan belakangan ini di beberapa jurusan
IAIN memang sudah terdapat mata kuliah Orientalisme,tetapi isi dari mata kuliah
ini sama sekali bukan untuk mengikutinya secara membabi buta.
Islam Liberal di IAIN, yang baru ini
dikenal di Indonesia pada awal abad 21 seiring dengan penerbitan buku Kurzman
dan Barton pada tahun 2001. Perkembangan moderen di IAIN menunjukkan bahwa
Mahasiswa IAIN pada umumnya tidak memahami secara benar fenomena islam Liberal
ini malah mereka menyikapinya dengan negatif terhadap Islam Liberal itu tanpa
memahami maksud yang sebenarnya dari islam Liberal itu.
IAIN, Ketimuran, dan Kebebasan.
Sebagai sebuah Lembaga pendidikan tinggi milik ummat Islam, IAIN sudah
sewajarnya terlibat secara intens dalam meresponi berbagai persoalan yang
muncul ditengah ummat. Orientalisme dan Islam Liberal jelas telah menjadi titik
start bagi kontraversi di tengah ummat islam di Indonesia, dan satu hal yang
wajib dijaga oleh IAIN yaitu sikaf dan komitmen akan akademisnya dan penanganan
akademis yang dewasa terhadap setiap kontraversi yang berkembang. Adapun
Lembaga akademis semacam IAIN adalah
tempat yang paling ideal untuk membedah, mengkaji, mengkritisi, dan menguji
berbagai tesis yang lumrah dikaitkan dengan Islam Liberal. Orientalisme dan
Islam Liberal di IAIN harus berciri akademis, objektivitas, keterbukaan,
kejujuran, kemerdekaan, dan integritas.
IAIN
DI TENGAH DINAMIKA PEMAHAMAN ISLAM
Hubungan antara Orientalisme dan
Islam Liberal yaitu bahwa IAIN adalah lembaga terbaik untuk mengakaji secara
kritis dan akademis Orientalisme dan Islam Liberal dan agama lain yang
berkaitan dengan Islam, kemudia Persentuhan IAIN dengan Orientalisme dan Islam
Liberal adalah sebuah penyimpangan besar yang tidak semestinya terjadi karena
berakibat buruk.
Menimbang posisi IAIN, ketika IAIN
berada ditengah Orientalisme dan Islam Liberal ia harus bisa berada ditengah
poros kontraversi yang ada tidak boleh memilih posisi yang ekstrim, karena
kalau ekstrim dia akan mnutup jalan kejujuran, dan kebenaran tidak akan pernah
ditemukan, dan sikaf akademis harus ada karena dapat menahan perbedaan pendapat
agar tidah berubah menjadi perselisihan dan pertengkaran.
Model Ikhtilafu Rahmah, karena Hadis
Nabi mengatakan perbedaan pendapat itu adalah Rahmat (Ikhtilafu rahmah), dan
adapun lembaga yang bisa menjadi penerapan Hadits adalah IAIN, oleh karena itu
IAIN harus mampu mempertahankan ciri akademisnya dalam menghadapi berbagai
kontraversi keagamaan, makan IAIN akan mengilustrasikan secara indah akan
konsep Ikhtilafu Rahmah.
DEMITOLOGISASI
INTELEKTUALITAS IAIN
Demitologisasi
yaitu pandangan yang tidak didasarkan atas fakta dan kenyataan, ia berasaskan
tradisi, perasangka, dan lainnya, sedangkan Mitologisasi yaitu proses
menjadikan sesuatu menjadi mitos atau pandangan yang tidak berdasarkan fakta
yang mana unsur mitos adalah emosi dan rasa. Intelektualitas adalah berasal
dari intelek yaitu akal, rasional. jadi intelektualitas adalah kerasionalan.
Adapun salah satu mitos yang tersebar di IAIN adalah bahwa sarjana IAIN tidak
bisa bersikap ilmiah, jawabanya ada dua, yaitu bahwa itu fakta dan tidak fakta.
Untuk
mempertegasnya harus menerapkan kembali keseimbangan naqly dan aqly dalam
kegiatan pengajaran dan pendidikan di IAIN dan berijtihad, dan dalam ijtihad
inilah terdapat intelektualitas. Kemudian mencoba menyerap dan mengakomodasi
metode-metode ilmiah modren, karena metode-metode modren inilah yang kemudian
menjadi kriteria kadar penentu intelektualitas dan keilmiahan sebuah kegiatan
atau karya. IAIN juga tidak mungkin membuktikan keintelektualannya dengan
argumen semata, untuk itulah Dunia Modren menuntut fakta dan bukti yang nyata,
dan jika ini dapat diwujudkan insyaallah akan menjadi terapi mujarat bagi
penyakit keraguan atau intelektualitas IAIN.
MENGHINDARI
SEBUAH ISTANA PASIR :
MENYAMBUT
IKATAN ALUMNI IAIN SU
Ikatan alumni IAIN tidak hanya memeberi
manfaat potensial bagi alumni sendiri, tetapi juga dapat membantu perkembangan
dan kemajuan almamaternya. IKA IAIN SU adalah memungkinkan dilakukanya evaluasi
dan menjadi semacam cermin bagi almamater IAIN SU, sebab keberhasilan alumni
ditengah masyarakat sejatinya adalah keberhasilan IAIN SU. Para sarjana
dicirikan harus pintar, kreatif dan bersikap rasional, tapi kenyataanya
keserjanaan tidak membuat orang begitu mudah menjadi bagian dari
perkumpulan/ikatan. Dan IKA ini memiliki peluang untuk berhasil menjadi
organisasi membaik dimasa mendatang karena mereka menyadari bahwa dunia
kontemporer ternyata dikuasai oleh kekuatan yang berporos atas kerja sama.
Keberhasilan IKA bergantung pada tiga hal yaitu : kejelasan visi, missi,
kemampuan mengidentifikasi tantangan dan peluang, keberhasilan membuat
organisasi yang berguna bagi anggotanya. Jika tidak berhasil ketiga ini kita
hanya mendirikan sebuah istana pasir disebuah pantai nan indah, sepuan ombak
dan tiupan angin akan meruntuhkanya dan
mengembalikanya rata dengan wajah pantai.
PEMBAHARUAN
PEMIKIRAN ISLAM : BEBERAPA PERSYARATAN DASAR
Arus perubahan sejarah begitu
derasnya dan seringkali bertentangan dengan nilai-nilai Islam, dan untuk
menghadapinya ummat islam harus bangun dari tidur, menggali potensi
kreativitas, dan dinamismenya. Lalu menunjukkan relevansi dan signifikansi
islam dizaman kini. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari
sejarah ummat islam yaitu kegagalan dan keberhasilan, keberhasilanya perlu
dicari rahasianya untuk dijadikan pedoman dan dicontoh, begitu juga kegagalan
kita harus tahu penyebabnya agar bisa dihindari. Tapi sekarang sudah hampir
terputus sejarah dikalangan ummat islam, pemuda sekarang tidak tahu kemana
mereka akan melangkah dan dari mana mereka datang, padahal mempelajari sejarah
adalah syarat terarahnya pembaharuan pemikiran sehingga dalam Al Qur’an
disebutkan bahwa kita harus mempelajari sejarah dan mengambil pelajaran dari padanya.
Sebagai
generasi muda Hal-hal yang harus kita ketahui dalam menghadapi
persoalan-persoalan yang ada adalah Kejelasan
visi masa depan. Kesadaran tentang
simbol dan nilai, pemikiran pembaharuanya harus bisa membedakan simbol dan
nilai dalam ketuhanan ajaran islam. Pemikiran
kritis-konstruktif, kritik harus ditempatkan sebagai sesuatu yang positif
agar semua orang senang melakukanya dan menerimanya dan yang menyampaikan
kritik menunjukkan keinginan untuk memperbaiki (konstruktif) prospek
pembaharuan dimasa depan akan banyak tergantung pada keberhasilan dalam
melakukan kritik konstruktif. Budaya
Ilmiah, generasi muda harus belajar menghargai kebenaran diatas emosi,
perasaan dll. Keterbukaan pemikiran dan
sikaf, jika orang berbeda pendapat tentang sesuatu misalnya warna baju maka
mereka juga akan berbeda pandangan tentang pandangan keagamaan, dan keterbukaan
ini harus diawali dengan keyakinan bahwa perbedaan pendapat itu adalah natural
dan wajar, dan pemikiran pembaharuan akan tumbuh apabila generasi mudanya
memiliki pemikiran dan sikap yang
terbuka terhadap orang yang berbeda pendapat. Keuletan dan kesabaran, pembaharuan tidak akan pernah selesai
karena zaman akan terus berkembang dan bagi mereka yang ulet adalah orang yang
sadar bahwa umurnya pendek namun menginginkan umur itu relevan untuk masa yang
lebih panjang.
MENDORONG
KERETA MODERNISASI ISLAM
Modernitas Islam niscaya dua
argumentasi yaitu argumentasi langit dan argumentasi bumi, maksudnya modernitas
islam sebuah gagasan yang disuatu sisi yang dianggap oleh kebutuhan dan
perkembangan dunia dan disisi lain dituntut oleh wahyu ilahi yang datang dari
langit. Posisi dan keniscayaan modernitas, Islam adalah agama yang sempurna dan
tercanggih fungsinya harus bisa sempurna dalam perubahan ruang dan waktu, dan
Modernitas itu sendiri adalah kesadaran dan kebanggaan akan keistemewaan islam
atau menunjukkan keistemewaan islam.
Dan cara kerja seorang modernitas
dapat diparalelkan sebagai cara kerja dokter medis, jika manusia menjadikan
tubuh manusia sebagai objeknya maka modernitas menjadikan sejarah dan realitas
ummat islam sebagai sasaranya, dan jika seorang dokter melakukan diaknosa untuk
mencari penyakit yang ada pada tubuh pasienya begitu juga dengan modernitas
dalam mencermati keadaan ummat dari berbagai aspek dan posisinya. Para
modernitas dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu : Modernitas
harus diperjuangkan dan dicapai melalui pembacaan ulang islam secara internal
yang akan menghasilkan suatu pemahaman dan penafsiran yang cerdas dan kritis.
Modernitas yang memilih pijakan masa kini harus memfokuskan perhatianya ke masa
depan. Modernitas menggarap berbagai bidang kehidupan dan berbagai macam aspek
ajaran islam sebagai materi ummatnya,politik,ilmu pengetahuan dll. Beberapa
buku yang mengindikasikan pendekatan adalah islam pasional ( Harun Nasution),
Islam Agama kemanusiaan (Nurcholish Madjid),Islam Dinamis (Syahrin
Harahap),Islam aktual(Jalaluddin Rakhmat) dll.
KEBENARAN
SEBAGAI SEBUAH PERJALANAN
Sebagaimana tokoh Ziauddin Sardar
dan Abu Hamid Al Ghazali dalam perjalanan hidupnya mencari kebenaran meskipun
mendapat rintangan atau masalah yang ditemuinya dalam pencarian bidang ilmu
pengetahuan. Yang mana Al Ghazali hidup pada zaman pertentangan keagamaan
sedangkan Sardar hidup ditengah tantangan dunia barat, kedua tokoh ini
mengalami keraguan dan kegelisahan saat mencari kebenaran. Adapun unsur atau
syarat yang harus mereka fokuskan dalam pencarian ini adalah unsur anatomis
yang berkualitas personal yaitu keberanian intelektual dan kritisime tingkat
tinggi dan keteguhan hati, dan kedua tokoh ini telah melaksanakan hal ini dalam
pencarianya yang membuat keberhasilan.
Jadi sejarah intelektual dapat
dikatakan sebagai sejarah pencarian kebenaran, yang mana Al ghazali dan Sardar
termasuk diantaranya, jika ada keraguan dalam pencarian harus diproses melalui
metodologi yang berporos pada kritisisme tingkat tinggi, karena hanya dengan
cara seperti ini seseorang akan sampai kepada kebenaran sejati, berkelanjutan
dan membahagiakan.
URGENSI
INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN
Pada mulanya ilmu pengetahuan
dikategorikan menjadi dua yaitu ilmu-ilmu naqliyyah yang berdasarkan Al Qur’an
dan Al Hadits, ilmu-ilmu aqliyyah yang diperoleh dari pengadopsian dan
pengembangan ilmu-ilmu dari peradaban-peradaban intelektual terdahulu. Tetapi
dalam pengadopsian ilmu-ilmu ini memiliki banyak masalah sehingga Dunia
Intelektual islam pada menjelang masa modren ini didominasi untuk tidak
mengatakan terbatas pada ilmu-ilmu syar’iyyah.
Integrasi Ilmu Pengetahuan : Soal
Urgensi, karena dalam konteks inilah beberapa urgensi harus dikemukakan kembali
yaitu : Mematuhi pesan Teologis/ filosofis Al Qur’an,karena objek ilmu
pengetahuan yang dikenal saat ini adalah Al Qur’an. Menumbuhkan kembali rasa
memiliki ummat islam terhadap alam dan semua isinya sesuai titah Al Qur’an.
Membangun kembali peradaban Intelektual ummat islam karena ummat islam klasik
telah mengembangkan pengkajian ilmiah disegala bidang yang memungkinkan
dizamanya. Mengatasi ketertinggalan ummat islam di bidang ilmu-ilmu non
keagamaan. Mengatasi kondisi gagap teknologi ummat islam, dan hanya visi
integratiflah yang memberi peluang bagi ummat islam untuk kembali menjadi
pioneer dibidang teknologi. Memberi peluang berkembang bagi lembaga-lembaga
pendidikan islam, dan integrasi akan memperluas pengakajian dan memberi
perkembangan bagi lembaga-lembaga islam. Menyelesaikan kondisi psychological
split ummat islam post klonial. Mempercepat penyerapan nilai-nilai islam
kedalam semua bidang kehidupan.
Jadi prinsip islam yang asli tentang ilmu
pengetahuan adalah bersifat integratif bukan dikotomis, seperti islam itu
adalah rahmat sekalian alam, islam itu mencakup urusan dunia akhirat, islam itu
agama yang menyeluruh, manusia adalah agen Tuhan didunia ini, dan ilmu pengetahuan
itu adalah buah dari kesalahan total untuk menagkap esensi pesan Al Qur’an dan
Islam.
FILOSOFI
“WALLAHU A’LAM”
Wallahu a’lam adalah bagian dari
kehidupan kita sebagai ummat beragama, dan frase tulisanya selalu terdapat
diakhir tulisan atau baris terakhir. Secara harafiyah arti dari wallahu a’lam
adalah Allah maha mengetahui, dan ucapan ini punya muatan bahwa Allah adalah
sumber ilmu pengetahuan. Dan Wallahu a’lam ini adalah jembatan penghubung
antara dimensi manusiawi dan dimensi ilahiyah dari ilmu pengetahuan maksudnya
setinggi apapun ilmu manusia itu tapi itu tidak melebihi ilmunya Allah dan
dialah lebih mengetahui dari segalanya, dan tempatnya tidak disembarang tempat.
Langganan:
Postingan (Atom)